"ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH"

Rabu, 09 November 2016

Al Maa’idah(Hidangan) - Ayat 2



2. Hai orang – orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar – syi’ar Allah 389), dan jangan melanggar kehormatan bulan – bulan Haram 390), jangan (mengganggu) binatang – binatang had-ya 391), dan binatang – binatang qala-id 392), dan jangan (pula) mengganggu orang – orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari Karunia dan keridhaan dari Tuhannya 393) dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali – kali kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang – halangi kamu dari Masjidil Haram, mendorongmu berbuat aniaya (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong – menolong dalam berbuat dosan dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

389). Syiar Allah ialah: segala amalan yang dilakukan dalam rangka ibadah haji dan tempat – tempat mengerjakannya.
390). Arti bulan haram lihat note 119, maksudnya ialah: dilarang melakukan peperangn di bulan – bulan itu.
391). Ialah: binatang (unta, lembu, kambing, biri – biri) yang dibawa ke Ka’bah untuk mendekatkan diri kepada Allah, disembelih di tanah haram dan dagingnya dihadiahkan kepada fakir miskin dalam rangka ibadah haji.
392). Ialah: binatang had-ya yang diberi kalung, supaya diketahui orang bahwa binatang itu telah ditentukan untuk dibawa ke Ka’bah.
393). Dimaksud dengan Karunia ialah: keuntungan yang diberikan Allah dalam perniagaan. Keridhaan dari Allah ialah: pahala amalan haji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar