"ASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAHI WABAROKATUH"

Minggu, 18 Januari 2015

Al Baqoroh (Sapi Betina) - Ayat 3

3. (yaitu) mereka yang beriman 13) kepada yang gaib 14), yang mendirikan sholat 15) dan menafkahkan sebagian rezeki 16) yang Kami anugerahkan kepada mereka.

13). Iman adalah kepercayaan yang teguh yang disertai dengan ketundukan dan penyerahan jiwa. Tanda-tanda adanya iman ialah mengerjakan apa yang dikehendaki oleh iman itu.
14). Yang gaib ialah yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera. Percaya kepada yang gaib yaitu, meng-i'tikadkan adanya sesuatu "yang maujud" yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera, karena ada dalil yang menunjukkan kepada adanya, seperti : adanya Allah SWT, malaikat-malaikat, hari kiamat dan sebagainya.
15). Sholat menurut bahasa Arab : doa. Menurut istilah syara' ialah ibadat yang sudah dikenal, yang dimulai dengan takbir dan disudahi dengan salam, yang dikerjakan untuk membuktikan pengabdian dna kerendahan diri kepada Allah. Mendirikan sholat ialah menunaikannya dengan teratur, dengan melengkapi syarat-syarat, rukun-rukun dan adab-adabnya, baik yang lahir maupun yang batin, seperti khusyu', memperhatikan apa yang dibaca dan sebagainya.
16). Rezeki : segala yang dapat diambil manfaatnya. Menafkahkan segaian rezeki, ialah memberikan sebagian harta yang telah direzekikan oleh Tuhan kepada orang-orang yang disyari'atkan oleh agama memberinya, seperti orang-orang fakir, orang-orang miskin, kaum kerabat, anak-anak yatim dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar